Tips Menggabungkan Ruang Makan dan Ruang Keluarga


1. Warna dan Dekorasi

Anda bisa mengecat kedua area tersebut dengan satu warna agar ruangan tetap terjaga “flow” nya. Atau jika ingin nuansa yang sedikit berbeda, Anda bisa memilih dua warna untuk masing-masing ruang. Keseluruhan ruang harus memiliki tipe lantai yang sama agar tercipta penyatuan. Hiasi dua area dengan aksesoris dalam warna senada dan gaya desain yang satu konsep. Hindari menciptakan dua gaya desain yang berbeda, misalkan menciptakan tampilan vintage di satu ruangan, sementara ruang lainnya menerapkan gaya desain modern.

2. Pencahayaan 

Meskipun mengombinasikan area ruang keluarga dengan ruang makan, Anda tetap bisa memberikan rasa yang berbeda melalui pilihan lighting. Misalnya, Anda bisa menggunakan chandelier atau pendant lamp yang menggantung dengan indah di area ruang makan. Sementara itu, Anda bisa menempatkan lampu meja atau standing lamp di ruang keluarga. Ini membantu untuk menciptakan keterpisahan suasana antar area.

3. Pemisahan Area
Kesatuan ruang tetap bisa didapatkan meskipun dua area dibiarkan memiliki identitasnya masing-masing. Cara termudah untuk memisahkannya adalah dengan memasang partisi, salah satunya yakni dengan menggunakan folding screen. Hal ini cocok untuk Anda yang menginginkan adanya privasi di masing-masing ruang. Cara lainnya ialah menggunakan warna yang berbeda. Akan tetapi usahakan menggunakan warna-warna yang masih berkesinambungan. Jika tidak ingin menggunakan partisi atau mengecat dengan warna berbeda, Anda bisa menempatkan sudut belakang sofa menghadap ruang makan. Atau Anda juga bisa memisahkan antar area menggunakan rak buku atau storage di antara dua area yang tetap terlihat bagus dari kedua sisi ruang.

Komentar