AIR TERJUN LUWENG SAMPANG, AIR TERJUN EKSOTIS DI GUNUNG KIDUL

Rasanya pesona Jogja tak pernah habis deh, terutama di Gunung Kidul. Kalau selama ini Boboers cuma tahu pantai-pantainya yang menawan, ternyata ada surga baru yang terkuak disana, Air Terjun Luweng Sampang namanya. Wilayah Gunung Kidul memang memiliki pantai dengan batuan-batuan cadas, dan ternyata air terjun di Luweng Sampang pun dihiasi dengan batuan-batuan cadas yang berwarna putih, terlihat kontras dengan birunya air. Batuannya terkena erosi air sehingga terkikis alami dan membentuk garis-garis yang unik. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari Air Terjun Luweng Sampang, keindahannya setara dengan Grand Canyon yang ada di Pangandaran.

Alamat
 Air Terjun Luweng Sampang 
Jl. Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863
Udara sejuk dengan gemericik air yang menyambut kedatangan Boboers, menjadi penghilang letih setelah perjalanan panjang menuju kemari. Suasana alamnya yang asri dengan air terjun  yang indah sangat sayang untuk dilewatkan bagi Boboers yang memiliki jiwa petualang, tapi akan lebih sayang lagi kalu tempat indah ini rusak karena terlalu banyak pengunjung yang jorok,   so tetep jaga kebersihannya ya Boboers, jangan dateng cuma buat naris dan nyampah aja. *peace :P*
Air Terjun Luweng Sampang ini terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Dinamakan Luweng Sampang karena Luweng dalam bahasa Jawa berarti Lubang dan Sampang karena lokasinya berada di desa bernama Sampang.
 Rute Air Terjun Luweng Sampang
Jarak dari kota Yogyakarta kurang lebih 30km atau dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan. Ada dua rute yang dapat dipilih untuk menuju air terjun Luweng Sampang sebagai berikut:

1. Yogyakarta > Ringroad ketandan > Jl. Wonosari > Piyungan > Bukit bintang > Patuk > Perempatan dekat GCD FM ambil arah kiri > Ngoro-oro Ombo > ada Perempatan Puskesmas Patuk II > (ambil yang lurus) > Pertigaan Padukuhan Semilir (ke kiri) > Pertigaan SDN Negeri Belang Terbah (masih lurus) > Balai Desa Terbah > ada pertigaan ambil yang lurus kemudian  ikuti jalan ± 3 km letak Luweng Sampang di sebelah kanan jalan.

2. Yogyakarta > Maguo > Prambanan > Dari jalan Jogja solo ambil kanan (selatan) > menuju Desa Gantiwarno Klaten > SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten > Desa Sampang Gunungkidul > Balai Desa Sampang, kemudian ikuti jalan kurang lebih 2 km nah kemudian letak air terjun Luweng Sampang di kiri jalan. Sumber
Untuk waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang disarankan saat musim hujan karena debit air terjun yang jatuh akan makin deras dan semakin menambah kecantikannya.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Untuk menikmati keseruan Wisata di Jogja
Bisa menghubungi kami di
whatsapp : 0877.3670.8285 (admin 1)
0812.8545.6060 (admin 2)
Menerima Trip dan Tour untuk private, keluarga, pasangan, baru menikah, honeymoon kedua, babymoon, prewedding.


*featured image via visitjogja.com

Komentar