Tips Praktis Merapikan Kamar Tidur Anak


Agar kamar tidur anak minimalis lebih teratur, cobalah melakukan beberapa hal sederhana berikut.
1. Memungut sampah
Keberadaan sampah adalah hal utama yang paling mengganggu kerapian dan kebersihan kamar tidur. Cobalah menyediakan perlengkapan kamar tidur seperti tempat sampah mini supaya si Kecil mengerti dimana harus membuang kemasan permen atau kertas tak terpakai.
2. Merapikan barang
Selain sampah yang bertebaran, anak juga seringkali melemparkan segala macam benda ke lantai seperti baju, jaket, mainan, dan sebagainya. Ambillah semua barang yang tergeletak di lantai dan letakkan di tempat yang semestinya. Anda juga dapat memisahkan beberapa barang yang tidak berhubungan dengan perlengkapan kamar tidur si Kecil, seperti remote TV dan memasukkannya ke dalam kotak kecil untuk dibawa keluar.
3. Menggantung semua baju
Gantunglah seragam sekolah, jaket, dan beberapa pakaian yang mudah kusut di lemari gantung dalam kamar tidur anak. Upayakan untuk tidak menumpuk gantungan baju di balik pintu atau di dinding kamar karena akan menjadi sarang nyamuk dan menganggu kenyamanan si Kecil ketika beristirahat di dalam kamar.
4. Merapikan isi lemari
Lemari pakaian anak adalah perlengkapan kamar tidur anak yang paling sering mengalami ‘kekacauan’ di dalamnya. Untuk merapikannya, Anda perlu mengeluarkan semua pakaian anak dari dalam lemari kemudian membersihkan setiap bagian raknya dari berbagai macam sampah dan debu yang terselip di celah-celah.
5. Menata rak buku
Jika Anda melihat rak buku anak mulai tak rapi dan berjubel, keluarkanlah semua buku tersebut dari rak untuk diatur ulang. Kemudian, susunlah buku tersebut baik berdasarkan warnanya, penulisnya, ukurannya, ataupun judul buku secara alfabetis. Anda juga dapat membuat daftar kecil yang berisi koleksi buku anak sehingga jumlah koleksinya itu dapat didata dengan baik.

Komentar